Tips Membuat Seragam Batik Kerja yang Modern

Seragam batik kerja memang sedang menjadi trend tersendiri setiap instansi atau perusahaan. Lihat saja setiap hari jum’at, mereka berlomba-lomba menampilkan seragam batik yang menjadi identitas kantor masing-masing. Memang diakui, bahwa dengan membuat seragam batik kerja akan meningkatkan kekompakan dalam tim kerja dan produktifitas setiap karyawan menjadi meningkat.

Seragm batikBudaya mencintai batik semakin menjadi keharusan di era sekarang, karena batik menjadi identitas budaya Negara kita. Kaum muda yang dulu enggan memakai batik, sekarang beramai-ramai memakai seragam batik. Batik yang dulu hanya dipakai oleh guru dan acara pernikahan, sekarang menjadi pakaian yang wajib untuk semua kalangan. Dengan semakin beraneka ragam motif dan warna menjadikan batik lebih disukai oleh kalangan muda.

Untuk membuat seragam batik memang tidak asal-salan, karena batik juga harus disesuaikan dengan siapa yang akan memakai. Berikut ini beberapa tips yang perlu diperhatikan ketika membuat seragam batik kerja.

Pilih Bahan Katun

Bahan katun memang sangat cocok untuk dijadikan seragam kerja. Sifatnya yang menyerap keringat membuat nyaman saat bekerja. Tidak panas digunakan sehingga dibuat gerak juga nyaman. Berbeda dengan batik bahan semi sutra atau sintetis. Bahan ini mirip dengan bahan satin. Bahan ini tidak cocok untuk dijadikan seragam kerja karena sifatnya yang panas. Selain itu, jika berkeringat maka akan terlihat basah karena tidak terserap dengan sempurna. Bahan ini cocok untuk acara pernikahan sehingga lebih terlihat mewah.

Bahan katun juga terbagi menjadi dua jenis yaitu katun prima dan katun primisima. Katun primisima jauh lebih halus dan kualitasnya sangat berbeda dengan katun prima. Katun primisima pun terbagi menjadi dua kelas yaitu primisima standar dan primisima premium. Sesuaikan dengan kebutuhan.

Untuk kebutuhan seragam kantor, biasanya banyak yang memilih bahan primisima karena lebih terlihat berkelas. Jadi, tidak terlihat “pasaran”. Maksudnya adalah seragam ini unik, tidak dipakai oleh tetangga yang bukan tim kerja kita.

Pilih motif yang unik

Seperti yang saya jelaskan di atas, pilihlah motif yang unik. Unik artinya, bahwa motif yang dipakai tidak pasaran banget. Artinya, hanya tim kerja Anda saja yang memakai. Jangan sampai motif itu terjual bebas di pasar. Masak tetangga kita yang tidak sekantor memakai batik yang sama.

Untuk memenuhi kebutuhan ini, kami juga menyediakan motif batik yang premium. Motif ini tidak terjual bebas di pasar sehingga kecil kemungkinan sama dengan tetangga Anda.

Seperti yang di pilih oleh Bank Mandiri Jaya Pura yang memilih motif premium agar tidak sama dengan klientnya. Coba bayangkan jika yang dipakai oleh teller sama dengan yang dipakai oleh nasabah. Tentu agak gimana gitu.

Pilih warna yang cerah

Jika kebanyakan kaum muda, pilihlah warna yang cerah. Dengan warna yang cerah maka terlihat ramai dan semangat. Jaman sekarang banyak motif batik yang cerah. Misalnya seperti model berikut ini.

Seragam Batik Kerja

Seragam batik Kerja

 Pilih model yang modern

Banyak klien kami yang menginginkan model bajunya sesuai dengan desainnya sendiri. Ada yang cari di internet atau kita beri contoh kemudian mereka memodifikasi bentuk kerah dan panjang lengannya. Bagi kita tidak masalah karena kami memang membuat seragam batik yang sesuai dengan keinginan dari klien kami. Ada yang memodifikasi lengan menjadi ¾ atau menjadi pendek. Sesuka Anda. Pilihlah model baju yang modern. Anda juga bisa membuat setelan bawahannya seperti berikut ini.

Seragam Batik Wanita

Seragam Batik Wanita

Model ini adalah model yang paling banyak dipilih oleh kebanyakan klien kami. Memang model ini lebih terlihat sederhana tapi sangat modern. Cocok untuk sergam batik kantoran.

Model lain adalah model berikut ini.

Seragam batik wanita

Model Seragam Batik Wanita

Mantap juga model itu. Kancing tidak pas di tengah, tapi disisi kanan sehingga lebih terlihat santai. Masih banyak model lain yang bisa Anda lihat disini.

Bagaimana dengan model batik pria?

Model batik pria hanya ada dua yaitu kemeja dan hem. Modifikasinya hanya terdapat pada kerah, lengan, dan saku saja. Saku ada yang saku dalam dan ada juga yang saku luar. Untuk kerah ada yang kerah sanghai (seperti baju koko) dan ada juga yang kerah bisa. Tinggal sesuaikan dengan kesukaan saja.

Ok. Itu dia beberapa tips untuk Anda jika hendak membuat seragam batik. Semoga bermanfaat dan cintai batik, cintai Indonesia. Sukses selalu untuk Anda.

2 thoughts on “Tips Membuat Seragam Batik Kerja yang Modern

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s